Minggu, 22 Agustus 2010

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis. Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dll.
Unsur MSDM adalah manusia.
Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktek manajemen yang mempengaruhi secara lansung sumber daya manusianya.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusia dalam organisasi. Tujuannya adalah memberikan kepada organisasi satuan kerja yang efektif. Untuk mencapai tujuan ini, studi tentang manajemen personalia akan menunjukkan bagaimana seharusnya perusahaan mendapatkan, mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan memelihara karyawan dalam jumlah (kuantitas) dan tipe (kualitas) yang tepat.
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department. Menurut A.F. Stoner manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.

Tujuan-tujuan MSDM terdiri dari empat tujuan, yaitu :
1. Tujuan Organisasional
Ditujukan untuk dapat mengenali keberadaan manajemen sumber daya manusia (MSDM) dalam memberikan kontribusi pada pencapaian efektivitas organisasi. Walaupun secara formal suatu departemen sumber daya manusia diciptakan untuk dapat membantu para manajer, namun demikian para manajer tetap bertanggung jawab terhadap kinerja karyawan. Departemen sumber daya manusia membantu para manajer dalam menangani hal-hal yang berhubungan dengan sumber daya manusia.
2. Tujuan Fungsional
Ditujukan untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
3. Tujuan Sosial
Ditujukan untuk secara etis dan sosial merespon terhadap kebutuhan-kebutuhan dan tantangan-tantangan masyarakat melalui tindakan meminimasi dampak negatif terhadap organisasi. Kegagalan organisasi dalam menggunakan sumber dayanya bagi keuntungan masyarakat dapat menyebabkan hambatan-hambatan.
4. Tujuan Personal
Ditujukan untuk membantu karyawan dalam pencapaian tujuannya, minimal tujuan-tujuan yang dapat mempertinggi kontribusi individual terhadap organisasi. Tujuan personal karyawan harus dipertimbangkan jika parakaryawan harus dipertahankan, dipensiunkan, atau dimotivasi. Jika tujuan personal tidak dipertimbangkan, kinerja dan kepuasan karyawan dapat menurun dan karyawan dapat meninggalkan organisasi.

Peran, Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab Departemen Sumber Daya Manusia

Perencanaan

Melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja (Preparation and selection)
Persiapan. Dalam proses persiapan dilakukan perencanaan kebutuhan akan sumber daya manusia dengan menentukan berbagai pekerjaan yang mungkin timbul. Yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perkiraan/forecast akan pekerjaan yang lowong, jumlahnya, waktu, dan lain sebagainya. Ada dua faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan persiapan, yaitu faktor internal seperti jumlah kebutuhan karyawan baru, struktur organisasi, departemen yang ada, dan lain-lain. Faktor eksternal seperti hukum ketenagakerjaan, kondisi pasa tenaga kerja, dan lain sebagainya.

Rekrutmen & Seleksi

  1. Rekrutmen tenaga kerja/Recruitment. Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sdm oraganisasi atau perusahaan. Dalam tahapan ini diperlukan analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan/job description dan juga spesifikasi pekerjaan/job specification.
  2. Seleksi tenaga kerja/Selection. Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon yang ada. Tahap awal yang perlu dilakukan setelah menerima berkas lamaran adalah melihat daftar riwayat hidup/cv/curriculum vittae milik pelamar. Kemudian dari cv pelamar dilakukan penyortiran antara pelamar yang akan dipanggil dengan yang gagal memenuhi standar suatu pekerjaan. Lalu berikutnya adalah memanggil kandidat terpilih untuk dilakukan ujian test tertulis, wawancara kerja/interview dan proses seleksi lainnya.

Pelatihan, Pengembangan & Penilaian Prestasi

  1. Pengembangan dan evaluasi karyawan (Development and evaluation). Tenaga kerja yang bekerja pada organisasi atau perusahaan harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya. Untuk itu diperlukan suatu pembekalan agar tenaga kerja yang ada dapat lebih menguasai dan ahli di bidangnya masing-masing serta meningkatkan kinerja yang ada. Dengan begitu proses pengembangan dan evaluasi karyawan menjadi sangat penting mulai dari karyawan pada tingkat rendah maupun yang tinggi.
  2. Memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai (Compensation and protection). Kompensasi adalah imbalan atas kontribusi kerja pegawai secara teratur dari organisasi atau perusahaan. Kompensasi yang tepat sangat penting dan disesuaikan dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada pada lingkungan eksternal. Kompensasi yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada dapat menyebabkan masalah ketenaga kerjaan di kemudian hari atau pun dapat menimbulkan kerugian pada organisasi atau perusahaan. Proteksi juga perlu diberikan kepada pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan tenang sehingga kinerja dan kontribusi perkerja tersebut dapat tetap maksimal dari waktu ke waktu. Kompensasi atau imbalan yang diberikan bermacam-macam jenisnya yang telah diterangkan pada artikel lain pada situs organisasi.org ini.

Promosi, Pemindahan dan Pemisahan 

Promosi, adalah sebuah jenis transfer yang meliputi penugasan kembali seorang pegawai pada sebuah posisi yang kemungkinan besar diberikan pembayaran yang lebih tinggi dan tanggung jawab, hak dan kesempatan yang lebih besar. Demosi, kadang-kadang disebut transfer ke bawah, adalah sebuah jenis transfer meliputi pemotongan pembayaran, hak dan kesempatan.

Pemisahan, disebut juga pemberhentian, bahkan sering disebut downsizing, adalah perpindahan sementara atau tidak definitif seorang pegawai dari daftar gaji. Umumnya adalah untuk mengurangi kelebihan beban biaya tenaga kerja dan permasalahan keuangan perusahaan semakin serius. 

Terminasi, adalah tindakan manajemen berupa pemisahan pegawai dari organisasi karena melanggar aturan organisasi atau karena tidak menunjukkan kinerja yang cukup. 

Pemberhentian sukarela, adalah pemisahan pegawai dari organisasi atas inisiatif organisasi atau kemauan pegawai sendiri. 

Pengunduran diri, adalah pemisahan pegawai yang telah menyelesaikan masa kerja maksimalnya dari organisasi atau umumnya di kenal dengan istilah pensiun.

24 komentar:

REDA EMELIA mengatakan...

Ass buQ...
di indonesia kan terdapat banyak perusahaan luar negeri yang memberikan pekerjaan terhadap sdm indonesia,, kenapa upah tenaga kerja warga indonesia berbeda dengan tenaga kerja warga luar negeri,padahal kalau dlihat2 lebih susah dan lebih berbahaya pekerjaan yang dilakukan orang kita dari pada org luar negeri itu sendiri... trus apa perbedaan manajemen perusahaan asing negara eropa dengan negara cina yang berdiri di indonesia???

Makasih buQ


by : Reda Emelia
3 B
096811120

Anonim mengatakan...

assalamualaikum BuK Ki2...
mw tanya ne buK....
materi tentang kompensasi mana ya Buk??
owia bUk...blogna Oke Punya neh..
mg bisa bermanfaat oleh banyak org terutama mhasiswa/i bUk di UIR.

by : Yuni Hendriyani
3A Ekonomi-Akuntansi

Anonim mengatakan...

asalamualaikum buk kiki
buk mau tanyak...
oia knapa sich orang-orang bukan mau jd pengusaha, tetapi malah ngebet pengen jd PNS padahal kan jd pengusaha lebih memikili peluang yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan buat orang lain...
bukanlah itu bisa lebih bermanfaat.....?

by : Ayu Safitri
KLS : 2B
NMP : 096812298

Anonim mengatakan...

asalamualaikum buq,
mo tanya nich buq.....
knp kompensasi dan proteksi itu sllu di berikan kepada pegawai dan apa keuntungannya bagi pegawai tersebut.....?

by :Eka Handayani
kls:3b
Npm:096810797

Anonim mengatakan...

assalamualaikum buk,
mau tnya ni buk?
1. apakah manajement sumber daya manusia di indonesia sudah trlaksanakan dgn baik?
2. dan apa hubungan promosi, pemindahan dan pemisahan


by : NURLAILI
KLS: 3.B / EKONOMI AKUNTANSI
NPM: 096810532

Anonim mengatakan...

assalamualaikum
bu saya mau tanya
bgaimana cara perusahaan meningkatkan tujuan personal?
dan apa ada hubungannya dengan MSDM?

By : Nanik Purwasih
lokal: 3b
npm : 096812049

Anonim mengatakan...

assalamualaikum buq...
buq haya mow tnya nhe!!!!!!!!!!
Apa yang di maksud dgn implementasi sistem perencanaan SDM ???????


Nama : NURHAYATI
Lokal : 3.B Ekonomi akuntansi
Npm : 096810063

Anonim mengatakan...

assalamualaikum
bu saya mau bertanya
kenapa Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi?

By Susi susanti
lokal : 3b
Npm : 096810283
npm

Anonim mengatakan...

assalamualaikum...
bu kiki,saya mau tanya:
1.mengapa memimpin tenaga kerja manusia itu sulit?
2.apa perbedaan dari manajer staf dengan manajer lini?

By:siti mukhofillah
lokal:3b
npm:transfer
lokal:

Anonim mengatakan...

ass...........
buq mow nanya nich!!
Bagaimana cara mengatasi pengangguran yang banyak pada saat sekarang ini ?
by:marliza elpika
kls;3B
NPM:096810710

yudhi mengatakan...

assalammualaikum wr.wb

buk ngapa indonesia takut perang ma malaysia,pdhal kita kan bnyak masyrakat na,,lagian saya bca koran klw pra tki juga dpt perilaku ksr dri mjikan na di malaysia,,,,klw terus gini lambat laun kita di jajah ma malaysia,,mslh tki tu tarek ja lg suruh di arab....kan kalau di arab bisa sekalian naek haji,,ibarat kata pepatah sambil menyelam minum air,,,sambil kerja lgsg haji,,,heheheh

buk blogger na ngak pake flag visitors,,,?

NAMA : YUDHI AZHARI
KLS : 3A FKIP UIR AKUNTANSI

Anonim mengatakan...

assalammualaikum wr,wb
buk saya mau tanya kenapa dalam mata kuliah adalah pelajaran tentang perekrutkan karyawan sementara msh diberlakukan sistem mengutamakan keluarga jika ada orang dalam...

NAMA : WINDA DWI SEPTIANA
KLS : 3B FKIP EKONOMI AKUNTANSI UIR

Anonim mengatakan...

asalamualaikum.......
buq mo nanyak nie!!!
Apa maksudnya MSDM melibatkan semua keputusan dan praktek manajemen yg mempengaruhi secara langsung MSDM.

By :iis sugianti
kls :3b
NPM :096810779

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum buq kiki..
dha yang perlu ditanyain nechh..

Bagaimana caranya untuk mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal? dan apa bedanya di Negara kita dengan Negara lain?..
makacih ya buq,,
by" Wulan kastiasari
class 3B Pend. Ekonomo Akuntansi
NPM" 096810732

Anonim mengatakan...

Ass.....
pertanyaan saya:
> mengapa tujuan personal hanya ditujukan untuk membantu karyawan dalam mencapai tujuannya??
Dan apakah keuntungan nya terhadap para karyawan?

By : irma riyanti
kls : 3B
NPM :096810709

Anonim mengatakan...

ass..
buk mo nanya nicH..
apa-apa saja faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi sumber daya manusia..??

by : ira mustika
kelas : III b
NPM : 096811872

Anonim mengatakan...

ass buQ.............
BUq MAUU NNYA NEACHH!!!!!!!!!!
Mngapa pemerintah indonesia tidak dpat brsikap tegas atas smua tndakan malaysia yg sengaja mencuri kekayaan alam indonesia???????????
Pa yg sbnar na yg di takuti pihak indonesia trhadap malaysia sehngga idonesia tdak bsa mlawan scra tegas terhdap pmerintahan malaysia???????

By:Lianita fitri
jur:ekonmi akuntansi
kls:3b
NPM"096811030

Anonim mengatakan...

ass....
buqh mo tya ne,
Apa kualitas MSDM di suatu negara itu ditentukan oleh bagai mana cara pemerintah nya memimpin???
lalu apakah MSDM indonesia sangat buruk??
apa yang menyebabkan hal itu terjadi???

By :YUSWATI
NPM :096812210
kls :3B

Anonim mengatakan...

apa yang menyebabkan negara malaysia itu lebih maju dari negara indonesia??
apa karena malaysia lebih maju dan lebih berkembang dari indonesia, makanya pemerintah kita takut bersikap tegas terhadap malaysia yang dengan secara sngaja mencuri banyak kekayaan dan kebudayaan indonesi??
apa hal yang terbaik yang seharus nya di lakukan oleh masyarakat indonesia ???

NAMA : JULIYA NINGSIH HRP
KLS : 3B EKONOMI AKUNTANSI
FKIP UIR

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum,,
buq kikisaya mau tanya..
knp SDM yang kita punya tak seimbang dengan SDA yang kita miliki???padahalmenurut saya pendidikan diNegara kita sudah maju dan berhasil,,,
dan apakan negara kita dapat bersaing dengan negara lain????

Nama:Darlis Ayulita
Klz :3B Ekon/akun
Npm :096810736

Anonim mengatakan...

assalamualaikum...
buq saya mau bertanya??
Bagai mana agar negara kita mampu Mengelolah SDA yang ada dengan kemampuan yang negara kita miliki??????

Nama :Anita Rosmalina
Klz :3b Ekon/akun
Npm :096810147

Anonim mengatakan...

assalamualaikum,,,
buq kiki saya mO tanya,,,
Bagai mana Cara menggunakan SDA kita dengan baik dan negara kita mampu mengelolanya?????

Nama :Kristiana Natalia
Klz :3B Ekon/akUn
Npm :096810251

Anonim mengatakan...

assalammualaikum.........
menurut saya buq....
suatu perusahaan memang sangat tergantung pada SDM nya.....dimana jika suatu perusahaan mengingin kan kemajuan usahanya, maka dia juga harus memikirkan SDM nya,,, dengan cara memberikan KOMPENSASI atau BONUS, agar para karyawan mempunyai semangat untuk bekerja........

juga,, saya berharap ....suatu usaha itu yang mengelola bukan hanya anggota keluarga saja.. padahal anggota keluarga-a loem tentu memiliki skill yang bs memajukan usaha-a tersebut....

terimakasih buq.

nama:SUCI INDAH AYU
kelas:3b Eko.Akuntansi
npm:096811260

Kiky Joesyiana mengatakan...

For All : berhubung pertanyaannya byk, ibu jwb bsok dipertemuan kita stlh lebaran ajja yaaa......
pkknya insyaallah jwbnnya udah ada ne di kepala ibu...... hehe..... anyway, makasih utk smua koment n pertanyaannya..... follow trus yaaa blog ibu..... ^_^

Posting Komentar