Minggu, 22 Agustus 2010

Wanita Lebih Rentan Kena Penyakit dari pada Pria

VIVAnews - Wanita lebih rentan lebih sering dan lebih intens terkena penyakit kronis, dibandingkan pria. Psikolog terkemuka Dr Jennifer Kelly, menunjukkan wanita 50 persen lebih mungkin terkena sakit kepala, migrain, dan nyeri akut di persendian tubuh seperti punggung, leher, lutut dan bahu daripada pria.

Dikutip dari Telegraph, Dr Kelly, Pusat Medis Atlanta Amerika Serikat, menyatakan penyakit kronis lebih sering menyerang wanita dibandingkan pria di seluruh dunia. "Kita perlu mendorong wanita untuk lebih aktif mengobati penyakit serta mengurangi stigma dan rasa malu karena penyakit," katanya.

Ia menambahkan, penyakit kronis yang rentan terjadi pada wanita meliputi fibromyalgia (kelainan yang menyebabkan nyeri otot dan kelelahan), sindroma iritasi usus besar dan rheumatoid arthritis. Wanita juga berisiko mengalami beberapa penyakit sekaligus yang menyebabkan gangguan psikologis dan cacat lebih besar.

Hormon estrogen dan pengelolaan emosi dan sosial mempengaruhi wanita dalam mengelola rasa sakit. "Wanita cenderung fokus pada aspek emosional rasa sakit sedangkan pria pada sensasi fisik."

Jika dapat melihat penyakit sebagai sesuatu yang dapat dikelola dan wanita dapat menjalankan hidup lebih positif.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr.wb

Buk kenapa harus wanita yang terkena penyakit seperti itu????????????????? knpa bukan pria,,,
sungguh tdk adil..........

nama: Dona ria
kelas: 3B akuntansi
Npm: 096810768

Anonim mengatakan...

assalamualaikum Wr.Wb
bgaimana cih buk cranya mendorong seorg wanita untuk lebih aktif mengobati penyakit serta mengurangi stigma dan rasa malu karena penyakit yg ddritanya tsb.........?????????

NAMA : ERMA YULIS
KLS : 3B
NPM : 096810730

Kiky Joesyiana mengatakan...

To : Dona Ria
ini bukan masalah adil ato tdk adil syg, wanita cenderung memiliki hormon estrogen yg menyebabkan mereka sll bersikap krn emosi dr perasaannya.... bukan logika, itulah yg membuat wanita lbih rentan terkena penyakit, krn sll memikirkan secara emosional apa2 yg terjadi pd dirinya... hal itu dpt memancing penyakit muncul dan bahkan bsa bertambah parah..... (Sugesti yg berasal dr perasaan, emosi)

To : Erma Yulis
secara psikologis, wanita hrus trus dan sll di motivasi dan diberi pengetahuan ttg pentingnya kesehatan jasmani dan rohaninya.... dan itu bsa didapat dgn cara membaca, belajar dan mencari informasi seputar penyakit2 yg rentan diderita oleh wanita.... utk mengurangi rasa malu krn penyakit sya rsa dgn mengajak mreka (wanita yg sakit) utk trus bersosialisasi dgn lingkungan dan menimbulkan kepercayaan dirinya kembali dgn mengatakaan atau memberikan sugesti bahwa mereka ttp akan berharga bagi org2 yg mreka sayangi dan menyayangi mereka.

Posting Komentar